5 Tips Membuat Komposisi Tampak Depan Rumah yang Bagus

membuat komposisi tampak depan rumah
Apakah sohib parents sedang mempersiapkan segala sesuatu guna merancang desain rumah? Tentunya 5 tips membuat komposisi tampak depan rumah berikut ini insya Allah bisa membantu.

Pastinya setiap pasutri ingin segera memiliki rumah pribadi dengan segala hal yang diinginkan. Sayangnya hal tersebut tidaklah mudah. 

Merealisasikan rumah idaman tentunya berawal dari impian dengan membayangkan bentuk, pola penataan, ruangan yang diinginkan, juga mempersiapkan anggaran yang dibutuhkan. 

Dari ke semua itu membutuhkan kesinambungan dalam desain supaya apa yang ada di skema dengan teliti, agar bisa sesuai dengan proses pembangunan rumah di kemudian hari.
Fasad sebuah bangunan merupakan tampilan pertama yang menggambarkan jati diri penghuni dan karakter, oleh karena itu fasad bangunan harus dirancang dengan penuh perhatian dan seksama agar memberikan kesan yang baik dan positif. 
Prinsip perancangan desain fasad rumah juga sangat disarankan memerhatikan kondisi dan situasi lingkungan sekitar, di mana di negara Indonesia ini memiliki iklim tropis dan semestinya perancangannya harus menyesuaikan. 

 Akan tetapi dengan kondisi yang seperti di atas bukan menjadi halangan untuk bisa mengkreasikan desain fasad bangunan ke arah yang lebih artistik nan menarik dengan memanfaatkan kondisi iklim di sekitar kita.

Beberapa dari kita sedang menggandrungi desain rumah minimalis yang menjadi tren pada saat ini, baik ditilik dari pertimbangan sisi eksterior maupun interior. Desain ini kerap menjadi favorit dikarenakan mengedepankan nuansa elegan dalam tampilan namun tetap simpel dan tetap dapat memunculkan penampilan yang memukau bila dibandingkan dengan yang lainnya. 

Tips Membuat Komposisi Rumah yang Bagus

Berikut beberapa tips dari jasa desain rumah untuk bisa menerapkan suatu komposisi agar tampilan rumah bagus:

1. Menonjolkan Sisi Ekspresif

Rumah minimalis bisa dimunculkan melalui tampilan yang ekspresif, dengan mengaplikasikan muka bangunan yang lebih menonjol dengan keberadaan kantilever. Hal ini membuat fasad hunian menjadi lebih menarik, di mana juga menghasilkan ruang gerak di area bawahnya yang terlindungi.

2. Penggunaan Secondary Skin

Fasad depan bisa dilapisi dengan kulit kedua atau bisa disebut secondary skin. Penerapan ini mempunyai tujuan melindungi atau menghalau sinar matahari namun tetap bisa memanfaatkan penghawaan yang alami

3. More Privacy

Sebagian dari kita ingin menjaga privasi yang lebih yaitu beberapa momen maupun anggota keluarga dengan menciptakan tampak depan rumah yang agak tertutup atau bisa dikatakan minim jendela. Jangan diartikan salah, penerapan konsep ini lebih mengutamakan pada fungsi.

4. Sentuhan Elemen Kayu

Memberi sentuhan elemen kayu pada desain minimalis 2 lantai akan menambahkan kesan hangat dan nyaman pada tampilan. Selain kesan natural, akan didapat juga menyiratkan luaran yang unik pada sisi ornamen-ornamen tambahannya. Lapisan kayu yang memiliki warna dan alur yang khas juga memberikan sisi keharmonisan tampilan yang maksimal

5. Tema Monokrom

Menerapkan tema monokrom juga memberikan kesan yang simpel nan menawan pada rumah. Kombinasi balutan warna hitam, abu-abu juga putih menyiratkan suasana hidup pada hunian dan tampak lebih menonjol dan menarik. 

Dominasi warna putih juga memberikan kesan rapi, indah dan bersih serta memperkuat karakteristik pada rumah sehingga tampak tidak membosankan. Paduan warna hitam dengan putih ini mencerminkan nuansa elegan dan modern.

Selain pengkombinasian warna pada dinding serta komposisi tampilan, gambar rumah yang bagus bisa kita perdalam karakter tampilannya dengan pemilihan bahan material tertentu. Diutamakan yang kontras dengan material utama pada desain dan tampilan rumah utama. 

Dimana pengaplikasiannya dapat dirupakan suatu panel yang bisa menutupi sebagian dari rumah atau bisa diartikan sekat yang berongga. Bertujuan agar sinar matahari alami bisa masuk secara maksimal. Beberapa bahan material yang dimaksud bisa berupa baja, beton, ataupun bahan yang terkesan natural seperti kayu atau batu alam yang berfungsi membuat tampak depan hunian semakin bagus.

Demikianlah tips membuat komposisi tampak depan rumah lebih bagus. Semoga bermanfaat ya, sohib parents. 
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

No comments for "5 Tips Membuat Komposisi Tampak Depan Rumah yang Bagus"