Serunya Bermain Magnetic Blocks bersama Affan

magnetic blocks

Assalammualaikum sohib parents,

Hari ini masih berkutat dengan aktivitas bunda bersama si bujang cilik, Affan. Sebenarnya kami berencana untuk kembali berkegiatan di Taman Tirto Agung, tapi rencana itu diurungkan.

Penyebabnya karena PDAM di rumah mati. Apa hubungannya? Mungkin sebagian sohib parents yang membaca bertanya-tanya.

Karena di rumah kami belum punya tandon air, kalau PDAM mati sediih banget. Seperti pagi ini, bunda terpaksa nggak bisa ke mana-mana karena menunggu PDAM menyala.

Setelah menyala pun airnya nggak langsung naik ke atas. Jadilah bunda harus 'ngangsu' alias membawa ember yang diisi air dari kran depan, lalu diusung ke dalam kamar mandi untuk ditumpahkan ke dalam bak.

Lumayan lah ya, hitung-hitung workout pagi, hehe.

Alhasil, pagi ini kakak diantar oleh ayah. Berhubung Affan belum sekolah, bunda memutar otak untuk mencari aktivitas seru bersama Affan.

Untung saja ada magnetic blocks yang baru saja sampai ke rumah kemarin sore. Sebagaimana anak-anak pada umumnya, kalau ada mainan baru selalu excited kan?

Begitu juga Affan, seharian ini dia mengajak bunda berkreasi dengan magnetic blocks. Apa saja yang kami buat? Cekidot!

Kreasi Magnetic Blocks ala Affan

Affan memang memiliki hobi susun menyusun. Dari lego, balok dan kini magnetic blocks. Bunda sendiri baru mengenal magnetic blocks karena di sekolah si bujang cilik ada mainan tersebut. 

Affan sangat suka memainkan magnetic blocks di sekolah kalau bunda terlambat menjemputnya. Hingga suatu hari dia menceritakan keinginannya agar dibelikan mainan yang sama. 

Bunda lalu bertanya kepada miss pendamping, pengen tahu harga magnetic blocks. Disebutkanlah nominal yang cukup membuat bunda tercengang. Wah, kalau buat mainan di rumah kayanya nggak sepadan lah, kecuali memang buat di sekolah ya fine-fine aja.

Lama berselang, Affan pun sudah lama dengan keinginannya tersebut. Hingga suatu hari bunda melihat iklan di status Whatsapp seorang sahabat. 

Bunda melihat dengan seksama iklan tersebut. Eh ternyata itu magnetic blocks. Memang nggak mirip sih, tapi mendekati lah. 

Segera saja bunda menanyakan berapa harganya. Ternyata masih terjangkau dengan kantong bunda. Boleh lah ya dibeli untuk kejutan Affan.

Bunda nggak bilang tuh ke Affan kalau mau beli magnetic blocks. Sampai akhirnya kemarin sore paket tersebut sampai. Affan girang sekali saat membuka paketnya.

Saking senangnya, si bujang cilik ini berterima kasih berkali-kali. Bunda jadi terharu melihatnya. 

Begitu paket dibuka, Affan langsung berkreasi dengan mainannya tersebut. Dia membuat banyak hal. Dari robot, prosotan dan bentuk-bentuk lain yang ada kalanya terlampau abstrak di mata bunda, hehe.

aneka kreasi magnetic blocks

membuat robot dari magnetic blocks

Pagi ini, Affan kembali asyik bermain dengan magnetic blocks. Kali ini bunda mengajak Affan untuk membuat salah satu benda yang ada di buku instruksi.

Bunda pengen tahu apakah Affan bisa meniru dan mengerjakan instruksi yang ada. Eh ternyata bisa. Setelah itu Affan juga meminta bantuan bunda untuk membuat playground dari magnetic blocks seperti yang ada di gambar kotaknya.

Kami membutuhkan waktu yang agak lama untuk menyelesaikan kreasi tersebut. Waktu berhasil membuatnya, Affan segera meminta agar kreasi tersebut didokumentasikan dan dikirimkan ke ayahnya, hihi.

Waktu bunda menunjukkan jawaban dari ayah, Affan girang sekali karena mendapat pujian, "Kreatif. Bagus banget." Dia langsung loncat-loncat. 

Eh saat loncat-loncat, playground yang kami bangun hancur, hihi. Memang pondasinya nggak sekuat balok sih. 

Bersyukur Affan nggak ngambek. Biasanya kalau kondisi seperti ini Affan suka ngambek. Setelah kami berbincang terkait alasan kenapa bisa ambruk, Affan bisa paham dan segera mengubah playground magnetic blocks dengan imajinasinya sendiri.

Yuk intip seperti apa kreasi Affan:

apa itu magnetic blocks

manfaat magnetic blocks

Manfaat Bermain Magnetic Blocks

Selama seharian ini bermain bersama Affan, aku bisa menyimpulkan jika bermain magnetic blocks memiliki manfaat yang sama dengan bermain lego ataupun balok. Anak-anak belajar mengenai konsep logika matematika, analytical thinking dan creative thinking skill-nya.

Semakin banyak pieces yang ada, semakin bisa meningkatkan kreativitasnya. Kalau menurut bu Vivi, owner sekolah tempat Affan belajar, 1 anak setidaknya bermain dengan 200 pieces balok. 

Jadi anggap saja sama ya, magnetic blocks pun setidaknya 1 anak diberikan 200 pieces. Pantas saja Affan masih merasa kurang dengan 66 pieces yang dimilikinya. 

Doakan saja bunda ya, nak.. biar bisa menambah koleksi magnetic blocks dan baloknya. Jadi Affan bisa menyusun lebih banyak kreasi yang unik dan menarik.

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, bermain magnetic blocks bersama anak juga bisa meningkatkan bonding lo. Anak juga belajar kolaborasi dan kerjasama. 

Saat anak bermain bersama saudara atau temannya, anak juga belajar berbagi. Kalau semua piecesnya dipakai sendirian, saudaranya ngowoh doang dong.. hehe.

Magnetic blocks juga mengajarkan anak kesabaran, kecermatan, ketelitian dan mengembangkan imajinasinya menjadi bentuk nyata. 

Begitulah cerita aktivitas Rumah Kita hari ini, bagaimana denganmu Sohib Parents? Selamat membersamai putra-putrinya ya... see you.

Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

No comments for "Serunya Bermain Magnetic Blocks bersama Affan"