Kecerdasan Musikalitas Affan sedang Berkembang



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Catatan pengasuhan Affan pada Selasa, 17 September 2019.

Sudah beberapa hari ini Affan senang bersenandung dan bernyanyi. Lagu favoritnya Kereta Api dan Burung Kakak Tua. Sering kudengar ia bernyanyi sendiri meskipun masih belum jelas kata-katanya. Lucu dan menggemaskan.

Hari itu Affan mengambil salah satu seri dari Cakrawala Pendidikan Dasar, aku lupa tepatnya buku yang mana. Pastinya di buku itu ada gambar alat transportasi. Affan menunjuk gambar-gambar transportasi yang ada dan menyebutkan namanya. Tiba di gambar kereta, ia memintaku menyanyikan lagu Kereta Api. Lalu kami menyanyi bersama. Dia riang sekali.

Seharian itu dia banyak menyanyi kereta. Setelah sholat dhuhur, kami rebahan di kamar, sambil menanti Kak Ifa pulang. Dia mengajakku kembali menyanyikan lagu Kereta Api. Setelah satu lagu selesai, Affan menunjuk  gambar pesawat dan memintaku menyanyi lagu pesawat. Hampir saja kebingungan. Untung kemudian aku ingat lagu Pesawatku dari Memes, meski hanya reff-nya saja. Namun Affan gembira mendapat lagu baru.

Sudah puas dengan pesawat, Affan tiba-tiba menunjuk gambar  truk. "Bun, nyanyi truk semen," katanya. Wadidaw! Lagu truk semen bagaimana coba? Tapi Affan terus memintaku menyanyikan lagu truk semen. Pada akhirnya aku pun mengarang indah, dan Affan pun sangat puas. 

Mau tahu seperti apa lagunya? Janganlah malu aku, biar kusimpan untuk dokumentasi pribadi saja, hahaha.

Tapi hari ini aku belajar untuk kembali kreatif, jika ingin anakmu kreatif. Masa kalah sama Affan yang tanpa diajari kadang bisa menyusun nada-nada sendiri. Terima kasih sudah jadi guru kecil, Bunda... anak salih!

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email